Ulasan 1 - Sistem Operasi

Pendahuluan :
Video ini berjudul "How do Memory Timings Work?" yang diupload oleh channel Techquickie, salah satu anak channel dari channel teknologi terkini LinusTechTips. Video ini diupload pada tanggal 9 Mei 2017 dengan durasi 5 menit dan 11 detik.

Penjelasan :
Video ini menjelaskan tentang beberapa angka yang dijadikan sebuah parameter dalam menentukan kecepatan proses memory. Di setiap produk Physical Memory (RAM), terdapat 4 angka double digit yang dipisah dengan strip, contohnya dalam video ini adalah 15-16-16-35. Digit pertama (15) menunjukkan CAS Latency yang berarti Column Access Strobe Latency untuk menunjukkan batas waktu memory untuk menerima akses data. Digit kedua (16) adalah Row Address to Column Address untuk menentukan kecepatan RAM untuk mengambil data yang sesuai dengan blok kolom yang dicari di dalam baris blok tersebut. Digit ketiga (16) adalah Row Precharge Time untuk menentukan batas waktu memory untuk mengakses blok baris yang sesuai. Digit keempat (35) adalah Row Active Time untuk menentukan berapa lama sebuah baris blok di RAM harus aktif untuk melakukan proses read and write.

Ulasan :
Menurut saya video ini secara sederhana telah menjelaskan tentang bagaimana proses di RAM bisa memiliki kecepatan tertentu. Analogi yang dia gunakan cukup untuk membuat saya yang seorang awam mengerti bagaimana penggunaan RAM dengan singkat dan padat, dan penampilannya pun tidak terlalu rumit hingga membuat saya salah fokus. Kekurangan yang dimiliki dari video ini mungkin adalah kurang lamanya durasi video ini untuk bisa menjelaskan lagi lebih spesifik cara kerja RAM. Video ini hanya memiliki durasi 3 menit untuk menjelaskan keseluruhan video ini sementara sisa 2 menitnya adalah untuk iklan. Padahal, sangat disayangkan bahwa mungkin 1 menit bisa ditambah untuk membuat pengguna awam bisa mengerti sistem penggunaan RAM secara keseluruhan sehingga kita bisa mendapat gambaran besar bagaimana kecepatan RAM tersebut relevan dalam penggunaan RAM.

github account : AbiAbdurrahman
URL blog : abiabdurrahman.blogspot.com
URL video youtube : https://youtu.be/Yed-a9vqTYc
Pemetaan konten : week05
Tanggal submisi review pertama : 10 Mei 2017
Tanggal update terakhir review : 10 Mei 2017

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ranking10

Ranking06